Jumat, 08 April 2016

Cara membuat Cemilan Kue Burayot Khas Garut yang Enak

 Cemilan Kue Burayot Khas Garut - Orang lebih mengenal kota garut dengan makanan khasnya yaitu dodol garut, namun ada lagi makanan enak khas garut lainnya adalah Burayot. Burayot, adalah salah satu kue khas Kota Garut, kue Burayot ini khas dari seputar Kec. Leles, Kec. Kadungora dan Kec. Wanaraja, Kue tradisional ini kebanyakan di hidangkan dihari lebaran, Burayot adalah panganan sederhana yang terbuat dari dua jenis yaitu tepung beras dan gula aren

 Memang Kota Garut terkenal dengan dodolnya, tapi makanan lainnya seperti burayot tak kalah enaknya dengan dodol.Adapun cara membuatnya adalah dengan menggodok gula aren sampai menjadi cair. Gula yang digunakan pun harus gula aren kalau gula merah biasa maka akan merubah rasa dan warna, lalu di tuang kedalam adonan tepung beras dan santan. Setelah semuanya tercampur rata dibuat bentuk bulat pipih tidak terlalu besar mirip martabak telor tapi tidak terlalu tipis karena akan mengembang. Lalu di goreng dengan minyak yang sudah panas, menggorengnya satu persatu dengan cara disiram sambil ditusuk dengan bilah bambu yang lancip maka tepungnya akan menggelantung/menggelayut kebawah atau dalam bahasa sundanya ngaburayot.Mungkin inilah sebabnya kue ini dinamakan Burayot.

Nah bagi anda yang sedang berkunjung pada artikel saya kali ini dan ingin membuat burayot. Akan saya bagikan cara membuatnya berikut ini.


Resep Membuat Burayot Khas Kota Garut
Burayot Khas Kota Garut

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Tepung beras secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Kacang merah secukupnya
  • Vanilli secukupnya
Cara Membuat Burayot Khas Kota Garut :


  1. Gula merah dipanaskan dan dicampur air secukupnya hingga berbentuk cair dan mendidih. Jangan lupa tambahkan kacang dan vanili untuk mendapatkan aroma dan variasi rasa.
  2. Setelah itu, bila gula sudah mendidih dan mencapai kekentalan tertentu, maka gula yang masih panas diangkat dan dicampur dengan tepung beras.
  3. Proses pengadukan bisa dilakukan dalam wadah baskom atau sejenisnya. Jangan melakukan pengadukan secara langsung pada teplon yang dipakai untuk memanaskan gula. Kemudian diaduk hingga tercampur dan menjadi adonan.
  4. Setelah itu goreng pada minyak yang telah dipanaskan sampai warnanya coklat dan matang.
  5. Bila telah matang, angkat burayot dengan menggunakan capit agar bentuk dan teksturnya terjaga. Tiriskan.
  6. Kue Burayot Yang Enak siap disajikan.
Nah demikian cara membuat burayot khas Kota Garut yang rnak ini, bisa anda buat di rumah untuk cemilan keluarga  tercinta, selamat mencoba resep yang saya bagikan pada anad.


EmoticonEmoticon