Jumat, 29 Januari 2016

Cara membuat Yogurt sehat dan nikmat disantap

Cara Membuat Yogurt Menyehatkan

Yogurt merupakan susu yang di proses dengan cara di fermentasi.Yogurt bisa di buat dari susu hewani maupun nabati.Namun jaman Modern ini pembuatan yogurt banyak menggunakan susu sapi.Dari proses fermentasi gula susu (laktosa) dihasilkan asam laktat, asam laktat yang dihasilkan dari proses fermentasi berperan dalam protein susu dalam menghasilkan tekstur gel dan aroma yang khas pada yogurt.

Proses fermentasi dan cara membuat yogurt ini sebenarnya tidak susah anda bisa buat yogurt ini di rumah. Selain lebih menghemat biaya mungkin ada ingin di jual atau diperdagangkan sebagai Usaha Rumahan membuat Yogurt. ya,langsung saja kita lihat langkah-langkah membuat yogurt yang menyehatkan akan dipaparkan berikut ini.

Bahan-bahan membuat Yogurt Menyehatkan :

  • 1000 ml Susu (apa saja)
  • 1/2 Cangkir biang yogurt/ yogurt plain (yang masih mengandung bakteri probiotik).
Yogurt Menyehatkan
Yogurt Menyehatkan

Cara membuat Yogurt yang Menyehatkan :

  1. Tuangkan susu kedalam panci dan panaskan dengan kompor api kecil maupun dengan oven dengan temperatur kira-kira hingga 85 derajat Celcius sambil di aduk-aduk perlahan. Yang perlu diperhatikan saat proses pemanasan jangan sampai susu mendidih dan hangus di bagian bawahnya. Proses pemanasan susu bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.
  2. Setelah dirasa cukup angkat susu dan dinginkan dengan mencelupkan panci ke dalam baskom atau wadah besar lain yang di beri air sambil diaduk perlahan-lahan hingga temperatur susu mencapai kira-kira 43 derajad Celcius.
  3. Jika sudah mencapai temperatur yang diinginkan tuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri hidup kedalam panci berisi susu. Ratakan dengan cara diaduk-aduk hingga pencampuran kedua bahan rata secara keseluruhan.
  4. Pindahkan cairan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam wadah yang bersih, lalu tutup rapat-rapat atau bisa ditutup dengan plastik rapat agar proses inkubasi berjalan bagus.
  5. Dalam proses inkubasi diamkan cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. Usahakan agar temperatur tetap terjaga sekitar 38 derajad Celcius. Proses ini kira-kira membutuhkan waktu selama 7 jam. Semakin lama didiamkan tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.
  6. Setelah didiamkan selama sekitar 7 jam atau lebih dinginkan yogurt yang telah mengental selama beberapa jam sebelum dikonsumsi. Hal ini akan lebih mengawetkan atau menambah waktu kadaluwarsa yogurt selama 1-2 minggu.

Demikian cara membuat Yogurt yang menyehatkan dan nikmat untuk disantap bersama keluarga.Bagi anda yang penasaran ingin mencoba membuat Yogurt ini,silahkan ada coba dirumah kalau sudah enak rasanya dan orang disekitar kita menyukainya bisa anda buat untuk jualan.
Salam Aneka Resep
 


EmoticonEmoticon