Sabtu, 09 April 2016

Cara Membuat Chanko-nabe Ala Jepang Enak Pastinya

Chanko-nabe Ala Jepang - Chanko-nabe merupakan hidangan panas makanan yang disajikan untuk para pegulat sumo, yang berisikan daging, ikan, sayuran dan bahan-bahan lainnya dipotong kecil-kecil sehingga mudah disantap. Semua bahan tersebut direbus dalam kaldu di panci besar. Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat Chanko-nabe dengan menggunakan ayam dan sayuran dan dibumbui kecap asin Jepang atau soyu.

Anda penasaran bukan akan kelezatan makanan ini yaitu Chanko-nabe yang dimakan oleh para pengulat sumo, berikut langkah-langkah membuat Chanko-nabe yang saya berikan dibawah ini.

Cara Membuat Chanko-nabe Ala Jepang

Chanko-Nabe Jepang

Bahn-bahan Chanko-nabe untuk 4 porsi :

  • 280 g daging paha ayam
  • 200 g kubis
  • 150 g lobak
  • 1/2 wortel
  • 1 negi (daun bawang Jepang)
  • 4 jamur shiitake segar

Untuk Kaldu ;

  • 6 cangkir (1,2 liter) kaldu dahsi
  • 1 sendok makan kecap asin Jepang atau soyu
  • 1 sendok teh garam

Untuk hiasan Chanko-nabe :

  • Anda bisa beri biji wijen secukupnya

Cara membuat Chanko-nabe :

  1. Potong dadu ayam ukuran 3 cm
  2. Kupas lobak dan potong vertikal menjadi empat bagian di talenan. Iris-iris tipis setiap bagian lobak setebal 5 mm.
  3. Potong dan buang bagian atas wortel lalu kupas. Kemudian potong memanjang menjadi dua bagian. Baringkan setiap potongan wortel dan iris tipis miring wortel dengan ketebalan 4 mm. Potong dan buang bagian bawah kubis yang keras dan potong setiap daun kubis dengan ukuran 4 cm. Potong sudut miring daun bawang dengan panjang sekitar 4 cm dan ketebalan 4 mm. Potong jamur shiitake menjadi dua bagian.
  4. Buat kaldu dashi dengan merebus 6,5 cangkir (1,3 liter) air hingga mendidih. Tambahkan 18 g katsuo-bushi atau cakalang parut yang dikeringkan. Kecilkan api dan rebus perlahan selama 1 atau 2 menit. Saring kaldu dengan saringan.
  5. Masukkan kaldu dashi ke panci besar dan rebus hingga mendidih. Tambahkan ayam. Ketika sudah mendidih lagi, kurangi apinya dan rebus selama 5 menit, buang ampas dan busa yang mengambang ke permukaan. Setelah 5 menit, bumbui dengan 1 sendok makan soyu dan sekitar 1 sendok teh garam.
  6. Masukkan sayuran, dimulai dengan lobak dan wortel yang butuh waktu lama saat dimasak. Kemudian tambahkan jamur shiitake. Tutup panci dan rebus di atas api kecil selama 5 menit. Terakhir, masukkan kubis dan daun bawang, lalu rebus lagi selama 2 hingga 3 menit. Saat kubis sudah empuk, cicipi kaldunya, tambahkan sedikit garam dan soyu jika dibutuhkan. Sajikan di dalam mangkuk. Masukkan daging, sayuran dan kaldu sesuai selera. Jika suka, taburi dengan biji wijen putih.
Demikan cara membuat Chanko-nabe yang saya berikan, semoga berhasil mencoba dan selamat menikmati hasil yang anda buat.


EmoticonEmoticon