Selasa, 12 April 2016

Resep Cara Membuat Miyeok Guk (Sup rumput laut) Ala Korea MAkNyus

Miyeok Guk (Sup rumput laut) - Korea memang kaya akan kulinernya terutama Miyeok Guk (Sup rumput laut) yang pastinya enak dimakan pagi-pagi untuk sarapan. Seperti namanya: "miyeok" yang berarti rumput laut dan "guk" yang berarti sup, Miyeok Guk adalah sup rumput laut khas Korea. Sup ini biasanya dibuat dengan merendam rumput laut kering dalam air hingga lunak kemudian memasukkannya ke dalam air kaldu sapi atau ikan. Sup kemudian dibumbui dengan kecap atau garam dan juga minyak wijen serta bawang putih.
Di Korea, miyeok guk biasanya dikonsumsi oleh wanita setelah melahirkan karena memiliki kandungan kalsium dan iodin yang tinggi, yang penting bagi ibu menyusui. Ibu hamil biasanya juga mengkonsumsi ini selama masa kehamilan. Karena itu, di Korea ada tradisi makan sup rumput laut pada hari ulang tahun untuk mengingatkan pada makanan pertama yang ibu mereka makan, yang juga berarti mereka konsumsi secara tidak langsung melalui ASI yang diberikan.


Nah anda penasaran bukan akan rasa sup rumput laut asal korea ini, berikut akan saya berikan langkah-langkah membuat Miyeok Guk (Sup rumput laut) yang saya berikan di bawah ini.


Resep Membuat Miyeok Guk (Sup rumput laut) Ala Korea yang MakNyus
MIyeok Guk( Sup Rumput Laut)

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya :


  • 70g Miyeok atau rumput laut kering
  • 200g daging sapi bagian brisket
  • 2 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh kecap asin untuk sup
  • 1 sendok makan bawang putih cincang halus
  • 5 gelas air

Bumbu sup rumpu laut :

  • 1 sendok makan minyak wijen
  • sedikit kecap asin untuk sup atau garam

Cara membuat Miyeok Guk ( Sup Rumput Laut ) :

  1. Miyeok kering dicuci dan direndam dalam air selama 1~2 jam untuk menjadi lembut.
  2. Peras miyeok lalu  potonh dengan ukuran 2cm.
  3. Daging sapi bagian brisket dipotong panjang 2cm, lebar 3cm dan tebal 0,5cm. Bumbui dengan 2 sendok teh minyak wijen dan 1 sendok teh kecap asin untuk sup.
  4. Sangrai daging dengan 2 sendok makan air dalam panci. Ketika daging matang sekitar 2/3, masukkan miyeok dan bawang putih cincang halus. Masak 20 menit di atas api sedang.
  5. Masak lagi di atas api kecil selama 20 menit lalu digarami dengan kecap asin unutk sup.

Begitulah Resep Cara Membuat Miyeok Guk (Sup Rumput Laut ) yang saya berikan pada anda yang mungkin sedang kebingungan ingin membuat menu makanan apa hari ini ? Daripada bingung buat saja Sup Rumput Laut yang saya berikan di atas. Semoga berhasil mencoba membuatnya.


EmoticonEmoticon