Senin, 11 April 2016

Cara Membuat Nasi Tiwul SIngkong enak Khas Gunung Kidul

Nasi Tiwul Singkong Khas Gunung KIdul - Pernah denger yang tiwul kan? Itu lho, makanan yang terbuat dari singkong yang bentuknya kayak nasi. Tiwul memang dari jaman dulu udah dikonsumsi sama masyarakat di daerah, terutama penghasil singkong. Kemudian semua berubah menjadi nasi yang mudah dalam prosesnya dan tidak ribet.

Sedikit cerita dulu ya, di jaman penjajahan dulu, nasi itu termasuk makanan yang mewah. Rakyat kecil cuma bisa menikmati makanan dengan bahan dasar singkong, salah satunya adalah tiwul. Nah, itu dia ceritanya, jaman dulu emang makanan pokok itu bukan nasi. Di beberapa daerah masih ada juga kok yang makanannya tiwul, contohnya di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Tapi nggak semuanya juga mengonsumsi tiwul, hanya beberapa aja yang masih makan makanan berbahan dasar singkong ini.

Nah anad penasaran bukan tentang bagaimana rasanya Nasi Tiwuk ini, saya akan berikan pada anda yang sedang berkunjung pada artikel saya kali ini. Berikut langkah - langkah membuat nasi tiwul.


Cara Membuat Nasi Tiwul Khas Gunng Kidul
Nasi Tiwul Khas Gunng Kidul

Bahan - bahan dalam membuat nasi tiwul :

350 gram singkong yang sudah di keringkan
150 gram gula merah
200 gram kelapa parut
2 lembar daun pandan panjangnya sekitar 20 cm, ikat simpul
1 lwmbar daun pisang
350 ml air
Garam secukupnya

Cara memasak nasi tiwul :

  1. Singkong yang sudah dikeringkan (gaplek) ditumbuk sampai jadi seperti tepung, kemudian percikkan sedikit air, lalu tumbuk lagi sampai didapatkan butiran kecil-kecil. Sisihkan dahulu, karena ini merupakan bahan utamanya.
  2. Panaskan dandang atau kukusan, jangan lupa alasi dengan menggunakan daun pisang.
  3. Masukkan butiran kecil singkong tadi ke dalam dandang.
  4. Tambah gula merah yang sudah diserut di atas gaplek, harus rata ya, tapi nggak semua kena gula merahnya juga nggak apa-apa, lalu kukus selama kurang lebih 1 jam, kemudian angkat.
  5. Setelah itu kukus kelapa parut bersama dengan daun pandan dan tambakan garam secukupnya, selama kurang lebih 15 menit, kemudian angkat angkat.
  6. Nasi tiwul siap disajikan bersama dengan kelapa parut.
Tips bagi anda yang ingin membuat nasi tiwul :


  1. Resep yang ada diatas adalah resep tiwul yang rasanya manis. Kalau kamu mau bikin tiwul yang nggak manis, jangan tambahkan gula kedalam kukuksan gapleknya. Tiwul yang manis itu biasa dijadikan jajanan, bukan sebagai makanan pokok.
  2. Kalau kamu belum tau cara bikin gaplek, saya kasih ta nih. Pertama kupas singkong kemudian cuci sampai bersih  lalu potong yang ukurannya terlalu besar. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari sampai kering, ingat ya harus benar-benar kering. Untuk mempercepat proses pengeringan kamu bisa memotong singkongnya menjadi lebih tipis.
  3. Saat kau mengukus gaplek, pastikan kalau itu benar-benar sudah matang. Jangan sampai kamu hidangkan makanan yang masih belum atau kurang matang.
Nah itulah cara membuat nasi riwul khas Gunung Kidul yang saya bagikan untuk anda , semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di praktekkan di rumah. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon