Jumat, 17 Juni 2016

Resep Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes Jawa Tengah

Telur Asin Khas Brebes Jawa Tengah Pasti Enak dan Nikmat - Telur asin adalah sebuah istilah masakan yang berbahan telur yang diawetkan denagn cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik. 

Makanan ini sangatlah praktis untuk tambahan lauk saat makanan, misalnya kita makanan dengan nasi tempe, nasi rames maupun dengan yang lain pastilah enak ditambahkan telur asin ini. Kalian pasti belum pernah tahu kalo telur asin ini berasal dari Kota Brebes, Jawa Tengah. 


Nah bagi kalian yang sedang berkunjung di kota brebes untuk bertemu saudara maupun sedang berlibur di Kota Brebes tidak ada salahnya kalian menikmati telur asin ini disana. Telur asin ini dapat kalian temukan diwarung-warung makanan maupun pusat oleh-oleh diKota Brebes. 


Namun untuk kalian yang tidak mau jauh-jauh harus pergi ke Kota Brebes, Saya akan membagikan pada kalian bagaimana cara membuat telur asin khas brebes ini yang pastinya enak dan nikmat untuk disantap. Mari kita simak ulasan di bawah ini.


Resep Membuat Telur Asin Khas Brebes Jawa Tengah




Resep Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes Jawa Tengah

Bahan-bahan yang dipersiapkan :


  • 10 butir telur bebek segar, pilih yang usianya baru 1 sampai 2 hari agar berkualitas.
  • 500 gram garam dapur atau garam kotak atau garam krosok.
  • 2 liter air jernih atau gunakan air mineral kemasan.
  • Stoples kaca atau plastik dengan penutup rapat.
Langkah-langkah pembuatan telur asin Khas Brebes :



  1. Pertama-tama, rendam telur bebek utuh ke dalam wadah berisikan air. Lihat apabila ada telur yang mengambang, segera dibuang karena menandakan tidak layak olah.
  2. Proses berikutnya, bersihkan kulit telur dengan cara digosok. Penggosokan ini juga bertujuan untuk membuka pori-pori telur.
  3. Setelah kulit bersih, tiriskan telur dan letakkan dalam wadah untuk disimpan.
  4. Sehabis itu, buat air rendaman dengan mencampurkan air dan garam. Gunakan air dingin untuk melarutkan garam, jika Anda menggunakan air panas, maka tunggu hingga dingin sebelum dgunakan.
  5. Langkah selanjutnya, tuang air larutan garam ke dalam wadah penyimpan telur tadi. Pastikan semua telur terendam sepenuhnya.
  6. Jika ada beberapa telur yang tidak terendam, gunakan plastik berisi air untuk meniban telur agar tenggelam.
  7. Tutup wadah rapat-rapat. Biarkan selama 12 hari hingga telur asin masir.
  8. Keluarkan telur dan hangatkan agar siap disantap dengan nasi.


Nah itulah cara membuat telur asin khas Kota Brebes yang saya  berikan pada kalian. Telur Asin ini Mantap disajikan dengan nasi hangat bersama sayur asam ditambah ikan lele goreng pasti mantap sekali. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin membuatnya.


EmoticonEmoticon