Rabu, 29 Juni 2016

Resep Cara Membuat Bolu Gulung Meranti Lembut dan Enak dari Kota Medan

Bolu Gulung Meranti dari Kota Medan - Kue gulung dengan tekstur lembut dan rasanya yang legit ini menjadi oleh-oleh bila anda sedang liburan ataupun singgah di Kota Medan. Bolu Meranti memiliki beragam varian rasa mulai dari nanas, keju, stroberi, mocca, kacang sampai blueberry. 

Konon bolu gulung meranti ini oleh sang pemilik toko menjajakan dagangan bolu di jalan meranti, nah sebab itulah para pembeli menyebut makanan bolu gulung ini dengan sebutan Bolu Gulung Meranti. Bolu ini tak usah diragukan lagi tentang rasanya yang pastinya lembut dan enak ini. makanan ini sudah lumayan terkenal di mancanegara.

Bagi anda yang mau mencicipinya tapi tak mau pergi langsung untuk mencobanya ke Kota Medan, anda bisa membelinya di toko bolu atau toko kue yang menyediakan bolu gulung khas Medan ini. Namun bila anda tidak mau membelinya tetapi ingin sekali mencobanya, saya akan membagikan resep dan cara membuat bolu ini. Simak terus ulasan yang akan saya berikan di bawah ini.

Resep Membuat Bolu Gulung Meranti Khas Kota Medan

Resep Membuat Bolu Gulung Meranti Lembut dan Enak dari Kota Medan


Bahan 1 Bolu Gulung Meranti Khas Medan :


  • 6 butir Kuning telur
  • 5 butir Telur antero
  • 125 gram Gula pasir
  • 10 gram Emulsifier
  • 20 gram Susu bubuk
  • 100 gram Tepung terigu
  • 1 gram Baking powder
  • 1 sendok makan air

Bahan 2 Bolu Gulung Meranti Khas Medan ( Cairkan ) :


  • 100 gram butter
  • 25 gram Maragrine
  • 1 sendok makan Extrak vanila

 

Bahan Isi Bolu Gulung Meranti Khas Medan :


  • Selai strawberry ( untuk bolu gulung isi straeberry )
  • Buttercream dan Keju cheddar parut ( Untuk bolu gulung isi Keju )


Cara Membuat Bolu Gulung Meranti Khas Medan :


  1. Langkah awal, panaskan oven 180 derajat celcius, kemudian olesi loyang ukuran 30 x 30 centi meter dengan sedikit margarin hingga rata, lalu alasi dasarnya dengan kertas roti, sisihkan. ( kami menggunakan loyang dengan ukuran 22 x 22 centi meter, jadi bisa dibuat untuk dua loyang )
  2. Selanjutnya kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental berjejak. masukkan air, lalu kocok kembali.
  3. Setelah itu masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak, aduk hingga rata. kemudian masukkan Bahan B, aduk balik hingga rata dan homogen. ( cara mudahnya, masukkan semua bahan A kedalam baskom, kocok dengan kecepatan tinggi kurang lebih selama 15 menit sampai kental berjejak. kemudian masukkan Bahan B, aduk rata dengan metode kaup balik)
  4. Tuang adonan kedalam loyang, angkat loyang sedikit dari permukaan meja, lalu jatuhkan. bertujuan agar mengeluarkan gelembung udara yang ada dalam adonan. panggang selama 20 hingga 30 menit atau tergantung kondisi oven masing-masing.
  5. Jika sudah matang, angkat dan keluarkan dari dalam loyang agar bolu tidak turun. dinginkan, bolu pun siap diberi isi dengan isian yang sudah disiapkan tadi, yaitu selai strawbery dan keju, olesi rapih lalu digulung.
  6. Setelah diberi isian dan digulung rapih dengan menggunakan kertas roti, jangan lupa masukkan sebentar bolu gulung ke dalam kulkas agar bolu lebih padat dan tidak terbuka gulungannya. proses ini hanya memerlukan waktu 10 menit saja.
  7. Resep Bolu Gulung Meranti Khas Medan pun siap dipotong-potong dan disajikan.

Sekian resep dan cara membuat bolu gulung meranti khas Kota Medan yang saya bagikan pada anda bila ingin mencobanya bisa mencoba nya resep diatas, untuk isian bolu sesuai selera anda. Semoga berhasil mencobanya dan selamat menikmati kreasi anda.


EmoticonEmoticon